Wisata Kuliner Pariaman Untuk Menikmati Durian Lezat

Driau.com -- Sumatera Barat dikenal dengan kaindahan alamnya. Begitu juga dengan wisata kulinernya. Nikmat menjadi santapan yang lezat di lidah para wisatawan, baik dosmetik atau manca negara.

 

Jika berkunjung ke Kayu Tanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat -40 kilometer dari Padang- pada Juni hingga Agustus, anda akan bertemu dengan musim durian di daerah itu.

 

Sepanjang jalan Kayu Tanam Kecamatan 2x11, yang merupakan jalan lintas Padang-Bukittinggi itu, aroma durian menyengat di hidung. Banyak berjejer penjual durian.

 

"Duriannya lezat dan murah," ujar Hendra warga Padang yang singgah di salah satu kedai durian itu, jumat 12  Juli 2013.

 

Durian dengan ukuran besar dijual Rp25ribu/buah. Untuk ukuran sedang dijual Rp20 ribu. Lalu, ukuran kecil anda hanya mengorek uang di saku sebesar Rp15ribu. "Banyak yang beli dengan jumlah besar," ujar Abdurrahman (42), penjual durian.

 

Musim durian di Kayu Tanam sudah dimulai sejak satu bulan yang lalu. Setiap musim durian, banyak pedangang buah dadakan di pinggir jalan ini. "Kita juga menyediakan pondok-pondok kecil untuk para pembeli yang ingin makan durian di sini," ujarnya. Menariknya, jika ada durian yang busuk bisa langsung di ganti oleh si penjual.

 

Kayu Tanam memang terkenal dengan duriannya. Sehingga, banyak dicari orang-oraang dari luar Sumatera Barat.

 

"Duriannya juga kita kirim ke daerah-daerah di Sumatera dan Jawa," ujar Yus (40tahun) agen durian itu saat mengemasi duriannya ke dalam truk.

 

Menurut Yus, jika musim, setiap harinya durian Kayu Tanam ini dikirim ke Jakarta melalui pesawat, sekitar 30 koli. Satu koli itu berisi 10-16 buah durian. Tergantung besarnya. "Satu Koli itu harganya Rp350ribu," ujarnya.

 

Di Jakarta permintaan banyak dari pedagang di Mangga Besar, Kelapa Gading dan Pasar Minggu. "Biasanya mereka menelpon saya," ujarnya.

 

Selain itu, durian Kayu Tanam ini juga dikirim ke Surabaya, Bandung dan Wonosogo. Untuk di Sumatera, Yus yang akrab disapa Yus Durian ini, mengirim ke Palembang Sumatera Selatan dan Riau. "Biasanya kita ngirim sebanyal 900 hingga 1000 buah durian setiap harinya," ujarnya.

 

Yus membeli durian dengan jumlah banyak itu senilai Rp10ribu/buah. "Jika musim seperti saat ini, setiap harinya putaran uang untuk jual beli durian sekitar Rp120 juta," katanya.

 

Di Kota Padang, anda dapat menyantap durian Kayu Tanam di sepanjang Jalan Sisingamangaraja. Kawasan itu dibanjiri durian. Layaknya pasar durian. Para pengunjung duduk lesehan beralas tikar. Menariknya, di sana anda bisa menikmati durian dengan sepiring ketan.

 

Harga durian di sana, berkisar Rp20 ribu hingga Rp50 ribu. Untuk sepiring ketan dijual Rp5 ribu. Pastinya, ini dapat memanjakan lidah, setelah sepasang mata anda lelah menikmati keindahan alam Sumatera Barat. (*)