Periksa Mata Menggunakan Robot Canggih

Driau.com - Perkembangan teknologi sangat cepat, tak terkecuali teknologi yang digunakan pada dunia kesehatan. Menempatkan robot di mata bisa menjadi inovasi berikutnya dalam teknologi medis.

 

Para peneliti di Swiss sedang merancang robot berukuran mikroskopis untuk membantu operasi yang sulit. Robot ini berdiameter hanya seperempat milimeter atau setara empat helai rambut manusia, dengan jarum yang dapat dimasukkan ke dalam dan ditarik untuk meneliti tubuh. Ini berarti setipis pisau bedah dan jarum yang sama tajam.

 

Seperti dilansir dari laman Mashable, Senin 8 Juli 2013, dengan ukuran sekecil dan tipis itu, setiap tindakan operasi bisa non-invasif dan minimal. Tidak seperti robot konvensional, ukuran yang terlalu kecil tidak memungkinkan untuk dipasangi baterai sebagai penggerak robot.

 

Untuk menyiasati ketiadaan baterai, peneliti mengembangkan sistem yang disebut “The OctoMag”, yang menggunakan serangkaian elektromagnet di sekitar kepala pasien untuk menjalankan robot. Kemudian, dengan sedikit meningkatkan atau menurunkan kekuatan elektromagnet, robot ini dapat digerakkan maju atau ditarik mundur dari dalam tubuh.

 

Namun sistem ini belum dapat diterapkan pada manusia, meskipun peneliti telah melakukan percobaan pertama dengan mengeksplorasi organ mata. Tim peneliti Swiss masih berusaha menyempurnakannya dan memperkecil ukuran nanobot itu untuk proporsi yang lebih kecil. ** net