Cara Wanita Menghindari Camilan Yang Berlebihan

Driau.com - Penelitian dari Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, mengungkapkan bahwa memiliki waktu tidur yang kurang atau bergadang, dapat menambah 550 kalori di dalam tubuh. Penelitian ini juga menunjukkan bergadang selama lima malam secara berturut-turut dapat membuat berat badan naik hingga dua kilogram.

 

Hal ini terjadi karena bergadang dapat meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori. Lisa Moskovitz, RD, CDN, yang berprofesi sebagai ahli gizi di Manhattan, New York, sangat menyetujui penelitian ini. “Orang sering mengkonsumsi makanan tidak sehat pada malam hari,” kata dia.

 

Namun, Moskovitz mempunyai empat cara agar Anda tidak memiliki keinginan untuk mengkonsumsi makanan dengan lemak dan kalori yang tinggi saat bergadang, seperti yang dilansir oleh Womens Health Magazine.

 

1. Sarapan

Jika Anda memiliki waktu malam yang panjang, pastikan untuk sarapan yang sehat. Studi menunjukkan bahwa melewatkan waktu makan, terutama sarapan pagi, dapat meningkatkan hasrat untuk mengkonsumsi makanan yang kaya karbohidrat dan berkalori tinggi di malam hari.

 

2. Jangan makan sambil menonton TV

Jika Anda merasa lapar di malam hari, ada baiknya untuk mengkonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan. “Jangan sekali-kali Anda makan sambil menonton TV. Melakukan dua kegiatan ini secara bersamaan dapat menyebabkan penurunan kepuasan makanan yang menyebabkan Anda makan berlebihan,” kata Moskovitz.

 

3. Taruh cemilan di tempat yang susah digapai.

Jika teman sekamar Anda, keluarga, atau pasangan memiliki makanan ringan yang tidak begitu sehat, mintalah mereka menyimpan makanan itu di tempat yang sulit dijangkau. Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih cenderung untuk memakan makanan apa pun yang mudah diakses.

 

4. Dapatkan Kesibukan

Jika pada malam hari Anda mendapati perut berbunyi untuk minta diisi, maka carilah kesibukan lain agar otak tidak memberi stimulus pada perut untuk lapar. Olahraga ringan, membaca buku, atau pun bermain games dapat mengalihkan Anda dari perut lapar.